Dukung Pola Karier PNS, BKN Usulkan Pengelompokan Jabatan

Dukung Pola Karier PNS, BKN Usulkan Pengelompokan Jabatan

Bogor-Humas BKN. “Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 Tahun 2017, penyusunan pola karier Pegawai Negeri Sipil (PNS) penting dilakukan untuk mengetahui di mana idealnya seorang PNS ditempatkan,” ucap Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Supranawa Yusuf saat menghadiri Rapat Koordinasi Penyusunan Kebijakan Pola Karier Nasional yang diselenggarakan di Hotel Alana, Bogor, Selasa (13/08/2019).

Penyusunan pola karier PNS penting dilakukan untuk mengetahui di mana idealnya seorang PNS ditempatkan. (Foto: Dey)

Dalam rapat tersebut BKN mengusulkan penyusunan pola karier yang didasarkan pada pengelompokan jabatan. Kelompok jabatan yang dimaksud meliputi JPT Pratama, administrator, pengawas, dan pejabat fungsional. Sehingga nantinya masing-masing kelompok jabatan dapat mengembangkan kariernya secara terstruktur dan sistematis. Hal ini sekaligus sebagai bentuk komitmen dan pernyataan sikap BKN dalam mendukung terlaksananya pola karier nasional.

Rapat yang diinisiasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ini mengundang BKN, perwakilan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan sejumlah Pemerintah Daerah. Seluruh peserta yang hadir sepakat mewujudkan pengembangan karier yang terstruktur bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Di bagian lain, Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN Haryomo Dwi Putranto mengatakan setelah pola karier tersusun perlu diikuti oleh konsistensi instansi untuk menjadikannya sebagai acuan penempatan pegawai. “Hal ini harus terus dikawal oleh BKN dan Kementerian PANRB”.

Haryomo menambahkan perlu pula dipastikan semua instansi telah memiliki profil uji kompetensi PNS dan telah memiliki Standar Kompetensi Jabatan (SKJ). “Kedua hal tersebut penting agar instansi tidak sulit memetakan pola karir pegawainya nanti”. dey/suf

Source: Badan Kepegawaian Negara

About author

You might also like

Badan Kepegawaian Negara 0 Comments

Sebanyak 4.143 NIP CPNS PTT Kemenkes Ditetapkan Setelah Usulan Pemda Rampung

Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeleok memberikan simbolis Pertek NIP. (foto: kis) Jakarta – Humas BKN, Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyampaikan bahwa proses penetapan Nomor Identitas Pegawai (NIP) 4.143

Badan Kepegawaian Negara 0 Comments

Selamat Bergabung Bagi Peserta yang Lulus CPNS BKN 2017

Jakarta-Humas BKN,  Hasil akhir kelulusan peserta seleksi CPNS BKN 2017 sore ini Rabu, (06/12/2017) diumumkan kepada publik pelamar. Peserta yang dinyatakan lulus berdasarkan integrasi perolehan nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Badan Kepegawaian Negara 0 Comments

Dukung Realisasi Program Wujudkan SDM Indonesia Unggul, BKN resmikan UPT BKN Pangkalpinang

Pangkalpinang-Humas BKN, Menjelang pembukaan rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2019, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana meresmikan Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN Pangkalpinang yang merupakan UPT ke-18

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply