Sejarah

SEKILAS SEJARAH YAYASAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR

MASYARAKAT (PKBM) LESTARI JAYA

Pada awalnya Yayasan PKBM Lestari Jaya Sabang adalah sebuah komunitas yang mewadahi  masyarakat putus sekolah, dengan memberikan program bantuan life skill (kecakapan hidup). Selain itu Yayasan PKBM Lestari Jaya Sabang juga program penuntasan buta huruf, dengan menyelenggrakan kegiatan Paket A, Paket B dan Paket C. Seiring berjalannya waktu Yayasan PKBM Lestari Jaya Sabang telah berperan aktif dengan mendirikan dua sekolah bagi anak-anak PAUDNI, satu Sekolah Menengah Pertama, dua buah pesantren (Dayah Salafi) an satu balai pengajian (TPA) di kota Kota Sabang.

Awalnya Yayasan PKBM Lestari Jaya Sabang ini berdiri  atas prakarsa Syarifuddin, S. Pd dan tidak terlepas dari didukung 4 orang teman lainnya yakni Bustami, M. Pd, Saprianto, S. Pd.I, Sri Haryati dan Yusnadi, S. Pd. yang merasa prihatin akan keadaan pendidikan di lingkungan sekitar.

 Setelah beberapa kali melakukan konsolidasi dan rapat bersama tentang pembentukan Yayasan PKBM Lestari Jaya Sabang dan bersepakat menunjuk Sdr Syarifddin, S.Pd sebagai Ketua Yayasan dan  memberi nama Yayasan PKBM Lestari Jaya Sabang.

Setelah kepengurusan dan rapat AD/ART selesai, kemudian diajukan Ke Notaris untuk mendapatkan Akte Pendirian Yaysan sebagai bukti legal formal Yayasan PKBM Lestari Jaya Sabang.

Dengan hadirnya Yayasan PKBM Lestari Jaya Sabang Alhamdulillah masalah keaksaraan fungsional sudah dapat teratasi. Berdarakan Data Dari Badan Pusat Statistik Kota Sabang tahun 2017, Penduduk Kota yang berjumlah 33,215 jiwa, dari jumlah tersebut hanya tinggal 0,2% yang masih buta aksara itupun kerena mereka sudah berusia lanjut (diatas 80 tahun).

Dengan merujuk pada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen, (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), dan PERMENPAN-RB No 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Yayasan PKBM Lestari Jaya Sabang terpanggil untuk memfasilitasi Guru dan Dosen dalam menjurnalkan artikel/naskah dari berbagai disipilin ilmu berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi pendidikan dan Sains. Karena selama guru dan dosen mengalami kesulitan dalam menjurnalkan artikel/naskah, hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian mereka.

Untuk itu peran serta berbagai pihak sangat membantu Yayasan PKBM Lestari Jaya Sabang dalam mewujudkan cita-cita mulia ini yang notabenya membantu gerasai bangsa dalam berkarya.

Saat ini, Yayasan PKBM Lestari Jaya telah bekerjasama dalam hal Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat, serta melakukan kajian bersama dengan berbagai Perguruan Tinggi Swasta di Aceh dan Lembaga Penelitian. Kerjasama ini merupakan salah satu tekad Yayasan Lestari Jaya untuk menjadi salah satu Lembaga Nasional dalam melakukan percepatan bagi Pembangunan pada sektor Ekonomi, Kepegawaian, Teknologi, Pendidikan, Kesehatan, Pelatihan dan Publikasi.