Internship DJPBN-DJPK: Sinergi untuk Sukseskan Implementasi Nawacita

Internship DJPBN-DJPK: Sinergi untuk Sukseskan Implementasi Nawacita

Jakarta, djpbn.kemenkeu.go.id – Ditjen Perbendaharaan (DJPBN) dan Ditjen Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan pada tanggal 17 s.d 27 Juli 2017 mengadakan kegiatan bersama yang berupa internship dan secondment yang diikuti oleh sejumlah pejabat dan pegawai DJPK. Sinergi ini merupakan perwujudan nyata dari salah satu Nilai-nilai Kementerian Keuangan yang tidak hanya berhenti sebagai sebuah slogan, tetapi diwujudkan melalui kerja sama baik internal Kemenkeu maupun dengan stakeholders terkait.

Sinergi ini juga merupakan wujud dari upaya Kemenkeu dalam menyukseskan nawacita ke-3, yaitu “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam rangka negara kesatuan”. Di sini Kementerian Keuangan memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan pemerintah guna mendukung pembangunan daerah.

 “Kegiatan ini merupakan tindak lanjut arahan dari Menteri Keuangan yang memandang perlunya kegiatan internship dan secondment antara Kemenkeu dengan Pemerintah Daerah. Kegiatan dimaksud mencerminkan bentuk partisipasi Pemerintah Pusat dalam berupaya untuk mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, dan akuntabel pada Pemerintah Daerah,” jelas Kepala Bagian SDM Teguh Dwi Nugroho saat memberikan sambutan kepada seluruh peserta yang hadir.

 Kegiatan internship yang dimaksud dalam hal ini merupakan program magang yang dilaksanakan oleh pejabat/pegawai DJPK terpilih ke DJPBN untuk belajar mengenai konsep dan praktik pengelolaan keuangan negara agar dapat diteruskan dan diterapkan sebagai best practice dalam pengelolaan keuangan daerah. Nantinya, pejabat/pegawai pemerintah daerah juga akan melakukan internship ke DJPK untuk meningkatkan kompetensi terkait dengan pengelolaan keuangan daerah.

 Materi full course untuk internship DJPK ke DJPBN kali ini dilaksanakan selama 5 hari dengan narasumber dari Kantor Pusat DJPBN, dilanjutkan dengan site visit ke KPPN Bogor. Pada hari terakhir, akan dibahas rencana aksi pelaksanaan secondment dan internship ke daerah. Diharapkan sinergi ini bisa ikut berkontribusi dalam mengawal implementasi nawacita.

Kontributor: Imam Saroni – Bagian SDM

Save

Source: Kementerian Keuangan

About author

You might also like

Kementerian Keuangan 0 Comments

Opini WTP Menunjukkan Kualitas Pengelolaan Keuangan Makin Baik

Diperolehnya opini WTP menjadi indikator kredibilitas pengelolaan keuangan negara. “Secara umum kualitas pengelolaan keuangan kita sudah berada pada kualitas yang baik, karena sudah taat pada sistem yang dibangun, telah memberikan

Kementerian Keuangan 0 Comments

Menkeu: Perlu Inovasi Teknologi untuk Jadi Pionir Treasury Management

Jakarta,djpbn.kemenkeu.go.id- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berpesan agar para pejabat Ditjen Perbendaharaan dapat menunjang belanja, baik belanja Kementerian/Lembaga maupun pemerintah daerah dengan baik. Pesan tersebut disampaikan pada kegiatan pelantikan para

Kementerian Keuangan 0 Comments

LKPP mendapatkan WTP, Pertanggungjawaban Lancar

Jakarta, djpbn.kemenkeu.go.id – DPR telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang(RUU) tentang Pertanggungjawaban atas Pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2016 untuk disahkan menjadi Undang-Undang (27/7). Pengesahan RUU tersebut merupakan siklus akhir dari pelaksanaan anggaran

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply