Menteri Desa: Main-main Dana Desa, Kami Tangkap!

Menteri Desa: Main-main Dana Desa, Kami Tangkap!

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo menegaskan, akan ada tindakan tegas terhadap oknum yang melakukan penyelewengan dana desa.

Perangkat desa yang terbukti terlibat penyelewengan akan langsung dipecat.

“‘Bulan madu’ sudah selesai. Kalau kemarin diingetin terus, saat ini kalau masih macam-macam lagi, masih main-main, kami tangkap,” ujar Eko, di Jakarta, Kamis (10/8/2017).

Untuk mengawasi penggunaan dana desa, pemerintah melibatkan berbagai pihak seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Kepolisian, Kejaksaan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta kementerian lain yang terkait.

“Sudah ada informasi dan data yang lebih lengkap. Jadi tidak mungkin tidak akan ketahuan, karena dana desa yang mengawasi banyak pihak,” kata Eko.

Pemerintah juga meminta masyarakat proaktif melaporkan dugaan terjadinya penyalahgunaan dana desa ke Satgas Dana Desa dengan nomor 1500040.

“Dana desa sudah Rp 60 triliun tahun ini. Masyarakat harus bantu lapor jika ada indikasi penyelewengan ke Satgas. Kepala desa juga jangan takut lapor jika ada intervensi,” ujar dia.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan lima tersangka setelah menggelar operasi tangkap tangan terkait dana desa di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Rabu (2/8/2017).

Kelima orang tersebut yakni, Bupati Pamekasan Achmad Syafii dan Kepala Kejaksaan Negeri Pamekasan Rudi Indra Prasetya sebagai tersangka.

Kemudian, Kepala Inspektorat Kabupaten Pamekasan, Sucipto Utomo, Kepala Desa Dassok Agus Mulyadi, dan Kepala Bagian Administrasi Inspektorat Kabupaten Pamekasan Noer Solehhoddin.

Sumber : www.kompas.com

Source: Kementerian Desa

About author

You might also like

Kementerian Desa 0 Comments

Team satgas dana desa dan Polres Sumba Timur, laksanakan monitoring dan pengawasan DD

Team satgas dana desa dari Kemendes PDTT yang di pimpin oleh Eko Tjiptadi berserta TAPM, Unit Tipikor Satreskrim, Satintelkam Polres Sumba Timur dan Bhabinkamtibmas desa Kiritana Brigpol Decrito melaksanakan kegiatan kunjungan dan

Kementerian Desa 0 Comments

Dana Desa Kurangi Kesenjangan Antara Desa di Makassar

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar meninjau pembangunan irigasi yang menggunakan dana desa dan berdialog dengan warga di Desa Tenrigangkae, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. (Istimewa)

Kementerian Desa 0 Comments

Tim Satgas DD Datangi Sejumlah Desa di Pamekasan

Tim Satuan Tugas Dana Desa Republik Indonesia (Satgas DD RI) mendatangi sejumlah Desa di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Rabu (9/8/2017). Dikatakan oleh Sekretaris Persatuan Kepala Desa (Perkasa) Pamekasan Farid

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply