SKD CAT DIII dan SLTA/Sederajat Pelamar CPNS Kemenkum HAM Mulai Digelar Hari Ini

SKD CAT DIII dan SLTA/Sederajat Pelamar CPNS Kemenkum HAM Mulai Digelar Hari Ini

154f077e-488c-45d1-aa28-0987fc6cd9fe

Jakarta-Humas BKN, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan CAT-BKN bagi pelamar CPNS tahun 2017 dari tingkat SLTA/sederajat dan DIII Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum dan HAM) digelar serempak mulai hari ini, Senin (25/9/2017). Seleksi yang diselenggarakan di 33 provinsi di seluruh Indonesia tersebut diselenggarakan dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan di ruang kerjanya mengatakan bahwa sistem CAT-BKN akan digunakan pada penyelenggaraan SKD tersebut mulai dari 25 September 2017 hingga 3 Oktober 2017. Peserta lolos SKD CAT yang dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan diumumkan pada 9 Oktober 2017.

SKB sendiri akan digelar pada 23 Oktober hingga 28 Oktober 2017 dengan rincian untuk pelamar dari formasi DIII akan menjalani SKB CAT dan dari formasi SLTA/Sederajat akan menjalani tes kesamaptaan. Pasca-itu akan digelar SKB melalui pengamatan fisik dan keterampilan pada 30 Oktober hingga 2 November 2017. Sementara itu pengumuman kelulusan akhir akan diumumkan secara online pada 9 November 2017.

Plafon Ambruk

Pelaksanaan SKD di sejumlah daerah sempat mengalami beberapa kendala. Misalnya SKD di Universitas Bina Darma Palembang sempat diwarnai dengan peristiwa ambruknya plafon di ruang 12 tempat pelaksanaan sesi ke-3 SKD. Namun dilaporkan tidak terdapat korban jiwa dan pelaksanaan sesi 3 dipindah ke ruangan lain yang dipastikan aman.

4ca4dd7e-6638-4d5c-9094-cda1351376f6

Proses persiapan ruangan pengganti pelaksanaan SKD CAT-BKN di Kampus Universitas Bina Dharma. Firhumas

Di bagian lain pelaksanan SKD di Kampus Universitas Abulyatama, Aceh untuk sesi 1 dan 2 juga sempat mengalami penundaan karena instalasi listrik terbakar dan kini telah teratasi. Menanggapi hal itu, Kepala Biro  Humas BKN, Mohammad Ridwan mengatakan beberapa kendala teknis di daerah, misalnya Aceh dan Palembang memang terjadi, “Tetapi yang paling penting adalah hak pelamar untuk ikut SKD dengan CAT BKN tetap dijalankan dengan modifikasi pelaksanaan sesuai teknis di lapangan”.

Di bagian lain, mengawali pelaksanaan SKD CAT untuk pelamar tingkat SLTA di Kepulauan Bangka Belitung, Senin (25/9/2017) Kepala Kantor Wilayah Kemenkum dan HAM RI Bangka Belitung, Yoseph, di hadapan 81 peserta CAT sesi I menyampaikan bahwa SKD  merupakan babak lanjutan para CPNS penjaga tahanan untuk berkompetisi. “Kami membutuhkan tenaga-tenaga yang fresh untuk memberikan sumbangsihnya pada negeri,” ujar Yoseph.  Melalui SKD CAT BKN Yoseph berharap akan dapat terjaring pegawai baru yang berkualitas.

Selanjutnya ditegaskan oleh Yoseph bahwa rekrutmen CPNS ini tidak dipungut biaya. “Jangan percaya dengan oknum yang menjanjikan kelulusan kalian,” tandas Yoseph. Pelaksanaan SKD di Kepulauan Bangka Belitung menjaring 528 formasi dalam jabatan penjaga tahanan  dari 2860 pelamar yang lulus seleksi administrasi dan pengukuran tinggi badan yang telah dilaksanakan pada tanggal 11-16 September 2017 lalu. din/bal

Source: Badan Kepegawaian Negara

About author

You might also like

Badan Kepegawaian Negara 0 Comments

Evaluasi RB dan ZI Mendorong Pelaksanaan Manajemen Kinerja dan Reformasi Birokrasi

Jakarta – Humas BKN, Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Badan Kepegawaian Negara bersama perwakilan dari Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Agama, Kementerian

Badan Kepegawaian Negara 0 Comments

Tutup Kesenjangan kompetensi ASN, Pusbang ASN Gagas Pelatihan Soft Skill

Ciawi-Humas BKN, Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara (Pusbang ASN) menggagas pelatihan teknis soft skill bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya bagi pejabat Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dan pejabat administrator

Badan Kepegawaian Negara 0 Comments

Hubungan Industrial Harmonis Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Surabaya-Humas BKN, Hubungan industrial yang harmonis, kondusif dan berkeadilan menjadi kepentingan semua pihak. Demikian disampaikan oleh Dirjen PHI Dan Jaminan Sosial Kemenaker RI Haiyani Rumondang dalam Forum Tematik Diskusi Bakohumas

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply