Satgas Dana Desa Minta Pelatihan bagi Kades Rutin Dilakukan

Satgas Dana Desa Minta Pelatihan bagi Kades Rutin Dilakukan

Dari 74 ribu desa yang menerima dana desa, sekitar 900 desa bermasalah. Jika tidak disikapi, maka bukan tidak mungkin akan semakin banyak kepala desa (kades) yang tersangkut hukum karena pengelolaan dana desa.

Ketua Satgas Dana Dana Desa Bibit Samad Rianto mengatakan, ada sejumlah faktor penyelewengan dana desa terjadi. Salah satu persoalannya adalah berada pada kades.

Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini mengatakan, penyelewengan dana desa bisa terjadi karena ketidaktahuan para kades. Hal ini disebabkan akibat minimnya pelatihan yang seharusnya dilakukan oleh instansi terkait terhadap para kades.

“Pelatihan yang dilakukan pun terkadang kurang mengena pada subtansinya. Kalau ini tidak disikapi, akan banyak kades yang tersangkut masalah hukum,” ujar Bibit, saat menghadiri peresmian embung oleh Presiden Jokowi, di Desa Muruy, Kabupaten Pandeglang, Rabu (4/10/2017).

Untuk itu, Bibit meminta agar pelatihan bagi para kades secara rutin dilakukan. Begitu juga pembinaan untuk menjaga komitmen dan konsistensi para aparatur desa mewujudkan pembangunan di desanya.

“Yang belum benar, ya kita luruskan. Saya menyarakan kementerian desa melakukan pelatihan terpadu dengan melibatkan pendamping desa yang sejauh ini belum banyak dilibatkan. Peran pendamping ini harus dimaksimalkan,” katanya.(Nda)

Sumber : bantenhits.com

Source: Kementerian Desa

About author

You might also like

Kementerian Desa 0 Comments

Pengelolaan Dana Desa: Mendes Minta Aparat Tangkap Kades yang Nakal

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo meminta kepada aparat penegak hukum untuk menangkap kepala desa yang menyelewengkan dana desa. “Kalau ada penyelewengan dan korupsi

Kementerian Desa 0 Comments

Satgas Dana Desa Turun ke Merangin, Limpahkan Temuan di 2 Desa ke Polres

Satuan Tugas (Satgas) Dana Desa Kemendes RI turun ke Kabupaten Merangin sejak beberapa hari lalu. Hal ini diketahui saat Tim Satgas Dana Desa melimpahkan hasil temuan mereka ke Mapolres Merangin,

Kementerian Desa 0 Comments

Satgas Dana Desa Desak Proses OTT PNS Probolinggo Dipercepat

Satgas Dana Desa mendesak penegak hukum mempercepat proses kasus operasi tangkap tangan (OTT). Salah satunya dugaan penyimpangan Dana Desa yang dilakukan 2 PNS Kecamatan Gading saat ketangkap OTT dua PNS

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply