Menggali Kompetensi Pengawas lewat Uji Kompetensi Teknis Manajemen ASN

Ciawi – Humas BKN, Pelaksanaan Uji Kompetensi Teknis Manajemen Aparatur Sipil Negeri (ASN) Jenjang Pengawas kini memasuki Angkatan 13 dan 14 di Pusat Pengembangan (Pusbang) ASN BKN. Uji Kompetensi Teknis Manajemen ASN yang dilaksanakan pada hari Jum’at (05/07/2019) ini merupakan sesi akhir dari rangkaian pelatihan dan sertifikasi manajemen ASN yang diadakan selama dua hari.

Salah satu pejabat pengawas Kusnaedi yang ikut sebagai peserta mengungkapkan apresiasinya terhadap Pusbang ASN BKN karena telah melaksanakan Pelatihan dan Sertifikasi Manajemen ASN Jenjang Pengawas yang merupakan suatu pengakuan atas 14 komponen yang wajib dimiliki oleh ASN Jenjang Pengawas berdasarkan PP No. 11 Tahun 2017 dan pengakuan tersebut berupa sertifikat yang telah diujikan di depan penguji.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Mohammad Ridwan yang hadir sebagai salah satu penguji juga menyampaikan bahwa setelah dua hari sebagai Penguji, Ia berkesempatan melihat berbagai portofolio, dan nilai dari peserta yang beragam. “Di situlah tugas penguji untuk menggali lebih dalam kompetensi dari peserta sehingga yang kurang bisa ditingkatkan dan yang baik dikembangkan,” tuturnya.

Mohammad Ridwan juga mengharapkan dengan dilaksanakannya Pelatihan dan Sertifikasi ini mampu menciptakan level pelayanan yang sama, basis kompetensi yang sama dan menciptakan inovasi yang beragam dari ASN seluruh Indonesia. “Jadilah referensi hidup yang berjalan dengan segala pengetahuan dan keterampilan yang kita peroleh dari pengalaman,” pesannya kepada salah satu peserta menutup sesi ujian wawancara.

Sebagai informasi bahwa rangkaian Uji Kompetensi ini terdiri dari Uji Kompetensi berbasis Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara. Para peserta diberikan waktu 1 jam 30 menit untuk menyelesaikan soal ujian untuk tes CAT, dan dilanjutkan dengan sesi wawancara selama 45 menit yang dilakukan oleh dua penguji yang bersertifikasi. Uji Kompetensi ini diharapkan dapat menghasilkan pengawas yang berkompeten dalam bidangnya.

Adapun rangkaian Pelatihan dan Sertifikasi Manajemen ASN Jenjang Pengawas ini diawali dengan pembukaan dan pengarahan, pemaparan dari Fasilitator Best Practice, Kelas untuk materi Prosedur Penegakan Disiplin dan Hukuman PNS, Prosedur Pensiun dan Pemberhentian PNS dan Prosedur Pengangkatan, Pengalihan dan Kenaikan Pangkat PNS.

Pelatihan dan Sertifikasi Manajemen ASN untuk jenjang pengawas ini berlangsung dari tanggal 1-6 Juli 2019 untuk kurang lebih 450 peserta yang berasal dari BKN, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Instansi Pusat, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) serta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dari Provinsi, Kota dan Kabupaten. ary

Source: Badan Kepegawaian Negara

About author

You might also like

Badan Kepegawaian Negara 0 Comments

MoU Calon Kantor UPT BKN di Kota Pangkalpinang Disambut Hangat Pemkot Setempat

Penandatangan MoU antara Badan Kepegawaian Negara dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang. (foto :endang) Pangkalpinang-Humas BKN, Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Pangkalpinang menyampaikan bangga dengan akan hadirnya Kantor Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan

Badan Kepegawaian Negara 0 Comments

Posisi Strategis BKN dalam Pelaksanaan Sistem Merit Manajemen ASN

Jakarta-Humas BKN, Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Administrator, Pengawas dan Pelaksana yang tergabung dalam kelompok kerja (pokja) pembangunan sistem merit Badan Kepegawaian Negara (BKN) melaksanakan kegiatan Penilaian Mandiri Penerapan Sistem Merit

Badan Kepegawaian Negara 0 Comments

SKD Calon Hakim MA dengan CAT BKN, 25.358 Pelamar Bersaing di 30 Lokasi

Setelah pendaftaran online CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) ditutup pada 26 Agustus 2017, data BKN menunjukkan bahwa hanya 25.358 peserta dari 30.715 total pelamar MA (formasi umum; cumlaude; dan putra/I

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply